Cara Jualan Laris di Shopee dan Banyak Pelanggan Tanpa Iklan Berbayar

Halo sahabat bisnis2000, kali ini berdasarkan pengalaman pribadi kami coba share kepada sahabat semua Cara Jualan Laris di Shopee dan Banyak Pelanggan Tanpa Iklan Berbayar. Sesuai judulnya kami akan menjelaskan bagaimana berjualan online di marketplace Shopee tanpa menggunakan fasilitas iklan berbayar baik itu dari shopee atau menggunakan iklan berbayar lains seperti google ads, fb ads dan lainnya.

Shopee adalah marketplace (suatu pasar online) yang mempertemukan penjual dan pembeli, bisa saja penjual itu juga merangkap pembeli dan sebaliknya mereka berinteraksi secara online melalui internet menggunakan aplikasi shopee yang dijalankan melalui browser untuk Komputer atau laptop serta aplikasi shopee di Smartphone seperti Android dan Iphone. Aplikasi shopee mendukung semua perangkat tersebut sehingga memudahkan pengguna shopee untuk mengakses marketplace shopee dimanapun dan kapanpun.
Keunggulan shopee dibandingkan dengan marketplace lain bisa dilihat pada beberapa hal berikut :
  • Shopee selalu memiliki promo bebas ongkir (ongkos kirim) sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  • Respon helpdesk support yang cepat baik melalui aplikasi shopee, email dan bahkan bisa via twitter
  • Fitur Follow sehingga satu toko dan toko lain bisa saling berinteraksi
  • Reward langsung dari setiap pembelian, yang belakangan mulai ditiru oleh marketplace lain
  • Proses transaksi yang mudah, klaim order yang langsung di pantau oleh shopee
Dengan keunggulan tersebut tidak heran shopee banyak diminati oleh penjual dan pembeli, pembeli bisa mendapat produk dengan harga murah dan penjual bisa menjual dengan harga murah sehingga perputaran uang menjadi cepat karena selalu ada promo bebas ongkir di shopee.

Oke itu sekilas mengenai shopee, tentunya kita akan fokus pada judul Cara Jualan Laris di Shopee dan Banyak Pelanggan Tanpa Iklan Berbayar, bagaimana langkahnya mari simak penjelasan berikut ini :

1. Tampilkan Produk Dengan Maksimal

Secara sederhana langkah 1 ini adalah SEO nya shopee, disinilah salah satu kunci produk sahabat bisa muncul di halaman pertama pencarian shopee. Kenapa halaman pertama? setiap produk yang muncul dihalaman pertama pencarian akan lebih berpeluang besar mendapatkan order pelanggan untuk membeli berikut caranya :
  • Tentu saja sahabat harus sudah punya akun di shopee, caranya mudah tinggal  mendaftar, bisa melalui browser di komputer dan laptop atau yang paling mudah sekarang ini di Android atau Iphone. Tinggal ikuti petunjuk pendaftaran biasanya meminta pakai email, nomor hp atau akun gmail. 
  • Setelah terdaftar sahabat langsung bisa menjadi buyer (pembeli) atau Seller (Penjual), disini kita fokus kepada Penjual.
  • Mulailah menambahkan produk, tidak harus produk yang trend, tentunya produk yang sahabat kuasai dan miliki, bisa juga produk reseller, tidak masalah.
  • Masukkan foto produk, kalau bisa fotolah produk dengan gambar sahabat sambil memegang produk itu, ini untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan sehingga mereka tahu bahwa produk itu memang milik kita dan orangnya memang ada, bukan produk abal-abal atau palsu
  • Hindari foto yang mencantumkan alamat website, no whatsapp, telegram dan nomor hp, karena shopee mempunyai sistem yang bisa melacak semua itu, maka produk sahabat akan di blokir sementara dan bisa jadi di hapus.
  • Jangan menjual produk yang berhubungan dengan permasalahan seks, pornografi dan lainnya karena akan segera di blokir oleh shopee.
  • Berilah Nama produk yang memikat hati, seperti yang sering kita baca di berbagai blog dan website rumus umum untuk memberikan nama pada produk adalah :
  • JENIS + MEREK + KETERANGAN + KATA PROMO 
    contoh : Teh Sanna Al Sunnah | Teh Pelangsing | Teh Herbal Murah Berkhasiat Tinggi | Slimming Tea Original
    Kalau diperhatikan memang tidak terlalu mengikuti rumus bahkan ada tanda | (pipa) yang membatasi diantara nama produk (belakangan tanda ini nampaknya tidak bisa dicantumkan lagi) namun coba lihat disana ada JENIS dan MEREK = Teh Sanna Al Sunnah, KETERANGAN = Untuk Pelangsing, KATA PROMO = Berkhasiat Tinggi.
    Kalimat lain bisa dibuat juga seperti contoh : Sepatu Adidas + Untuk Lari + Garansi Resmi
  • Berilah deskripsi yang memadai terhadap produk, keunggulan produk, dan alasan kenapa orang harus membeli, beri tag yang sesuai misalnya #pelangsing #mukena #kosmetik #hijab #herbal #terlaris.
  • Terakhir upayakan produk selalu tersedia dengan memasukan jumlah stok di pengaturan produk.

2. Jual Produk Trending Dengan Harga Terbaik (Baca : Murah) Tentunya Dengan Margin

Biasanya jika produk trending maka persaingannya akan tinggi, sahabat akan dihadapkan pada banyak toko online lain yang menjual produk yang sama, di penjualan online jangan berpikir untuk mendapatkan untung yang terlalu besar dari penjualan satu produk.
Namun fokuslah menjual banyak produk walaupun untung atau margin nya kecil, dengan kata lain faktor kali nya lebih besar sehingga keuntungan yang sahabat peroleh juga akan besar nantinya. Maksudnya seperti ini :

  • Sahabat menjual herbal 1 box dengan untung Rp 10.000,- namun terjual hanya 1 atau 2 box perminggu, jadi kisaran untung adalah Rp 10.000 sd Rp 20.000.
  • Sahabat menjual herbal 1 box dengan untung hanya Rp 5.000,- dan terjual sebanyak 3 sampai 5 box perminggu, maka faktor kali 3 sd 5 akan menyebabkan profit yang diproleh adalah Rp 15.000 sd Rp 25.000 per minggu. Lebih besar bukan? coba kalau faktor kalinya di tambah lagi.
Di shopee dengan barang dan kualitas produk yang sama maka pembeli akan membandingkan harga dan ongkos kirim, selisih Rp 2000 sd Rp 5000 sangatlah berarti bagi pembeli. 

Kita juga bisa menerapkan harga psikologis yaitu harga yang seakan-akan lebih murah dari pesaing namun sebenarnya selisih yang sangat kecil contoh :
Toko A menerapkan harga untuk produk X sebesar Rp 25.000, maka
Toko kita terapkan harga sebesar Rp 24.950
Lihat hanya beda Rp 50 (lima puluh rupiah) beli permen saja sekarang tidak bisa sebesar itu, namun yakinlah dengan harga itu kadang orang tidak melihat pada puluhan di belakangnya, mereka akan melihat pada angka 24 lebih kecil dibandingkan harga 25, pikiran mereka akan mengatakan toko kita lebih murah dan harus belanja kesana.

3. Respon Cepat Dengan Online Teratur

Pertama kita lihat dahulu apakah kapasitas pelanggan atau pengunjung toko online sahabat banyak atau sedikit? Jika banyak maka pertimbangkan untuk mencari asisten atau karyawan yang bisa merespon dengan cepat setiap chat atau pembelian yang ada di shopee. Namun jika tidak banyak tentunya itu masih bisa sahabat handle sendiri.
Jika tidak bisa 24 jam merespon toko online sahabat setidaknya tetapkan waktu yang bisa sahabat pakai untuk merespon permintaan dan chat pelanggan, mulai dari tanya-tanya harga, kualitas, cara pakai sampai order di shopee. 
Jadwal bisa diatur misalnya 5 dalam sehari yaitu :
Jam 9 Pagi, Jam 11, Jam 14, Jam 17 dan Malam Jam 20, pada jam-jam tersebut biasanya banyak orang yang mulai mengorder dan bertanya-tanya seputar produk.

4. Fitur Promo Internal dan Eksternal

Sesuai judul diatas kita tidak membahas fitur yang berbayar, jadi kita manfaat fitur-fitur gratisan yang ada, untuk shopee ada salah tu fitur yang cukup bagus yaitu : NAIKKAN PRODUK (lihat gambar)
Fitur ini walaupun sangat terbatas waktunya dan kita harus menunggu namun produk kita berkesempatan untuk berada pada posisi teratas pencarian sehingga mendapat kemungkinan di klik oleh pelanggan atau pembeli.

Selain itu di website shopee ada fitur PROMOSIKU, sahabat bisa memanfaatkan PROMO TOKO dan VOUCHER untuk menambah daya tarik pengunjung.
Promo external juga wajib dilakukan, misalnya dengan rutin memposting jualan kita dan mengirim link ke media sosial lain seperti facebook, google plus, instagram dan Whatsapp. Rutin namun jangan terkesan sebagai Spammer, karena bisa jadi nanti kita di blokir oleh media sosial tersebut.

5. Interaksi Ke Toko atau User Lain

Shopee memiliki satu fitur untuk kita agar bisa mengikuti (follow) user lain yang ada di shopee, fitur tersebut bisa kita manfaat untuk memancing ketertarikan orang lain juga mengikuti toko kita. Dengan harapan user tersebut melihat-lihat produk yang ada di toko kita dan selanjut terakhir mereka bisa membeli.

Fitur ini sangat mudah kita jalankan, kunjungi toko atau halaman user tersebut, lalu klik tombol ikuti (biasanya dengan tanda tambah +)
Interaksi juga bisa dilakukan dengan menyukai produk, memberi penilaian produk sehingga dapat membuat sinyal ke sistem shopee untuk meningkatkan performance kita.

Kesimpulan

Untuk berjualan menjadi laris di Shoppe kita harus memperhatikan Tampilan Gambar dan Deskripsi Produk, Me respon Chat dan Interaksi Pelanggan, Memanfaatkan Fitur Promosi Internal dan Eksternal Gratis, Bermain di Harga dan Interaksi dengan User lain. 
Jika semua itu dijalankan secara benar, rutin dan teratur maka rating dan performance toko atau user kita akan meningkat di mata shopee, tentu saja ini akan memberi peluang produk kita muncul di halaman pertama.
Algoritma tiap-tiap marketplace tidak bisa kita tebak secara pasti, namun setidaknya ada pola yang mendekati dan bisa kita gunakan agar produk yang kita jual bisa lebih laris di markeplace tersebut. Semoga bermanfaat, jangan lupa share dan komen ya..

2 Responses to "Cara Jualan Laris di Shopee dan Banyak Pelanggan Tanpa Iklan Berbayar"

  1. Mantap, wajib diaplikasikan nih. Thks banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan, semoga makin laris jualan di shopee nya

      Delete

Silahkan Comment namun bertanggung jawab

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 BR 4

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel