Sukses Berjualan Online #1 Membangun Interaksi di Facebook

Sahabat bisnis2000.com dalam beberapa artikel kedepan kami akan mencoba berbagi pengalaman bagaimana sukses berjualan online melalui facebook. Pengalaman ini akan kami bagikan dalam bentuk praktis hal yang telah kami lakukan dengan sedikit penjelasan dalam bahasa sendiri. Kami tidak akan membahas dengan teori-teori yang rumit, namun InsyaAllah akan memberikan contoh dari praktek yang benar-benar telah kami lakukan sendiri.
Sumber : http://www.modernanalyst.com

Tidak seorang pun yang tahu algoritma yang pasti dari facebook, semua orang hanya mampu mencoba dan menduga, sehingga masing-masing pebisnis online mempunyai racikan tersendiri dalam berjualan di facebook. Namun semua orang pasti tahu bahwa facebook adalah sebuah sosial media dan setiap sosial media membutuhkan interaksi diantara penggunanya.

Apa itu interaksi

Interaksi adalah saling keterkaitan antara satu dengan lainnya, saling melakukan aksi, berhubungan, mem-pengaruhi; antarhubungan; - Sosial hubungan sosial yang dinamis antara orang perse-orangan dan orang perseorangan, antara perseorangan dan kelompok, dan antara kelompok dan kelompok; - Verbal hubungan antara orang yang satu dan yang lain dengan mengguna-kan bahasa. (Sumber KBBI)

Dari pengertian diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa dengan adanya interaksi maka terjadilah hubungan antara satu orang dengan orang lainnya atau antara satu kelompok dengan kelompok lainnya.

Apa Hubungan dengan Sistem Facebook

Sekarang Mari kita lihat Apa hubungannya interaksi dengan Facebook. Facebook adalah suatu platform sosial media yang memanfaatkan hubungan antara orang perseorangan, kelompok dengan kelompok atau orang perseorangan dengan kelompok dan lainnya. Aplikasi Facebook ini diciptakan awalnya untuk interaksi antara mahasiswa yang ada di dalam suatu Universitas. Satu universitas dengan Universitas lainnya atau satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya saling terhubung dalam eksperimen, lalu kemudian dikembangkan lah Facebook untuk saling berinteraksi pada awalnya hanya untuk saling berbicara saling chatting dan saling memberikan masukan namun seterusnya Facebook berkembang.
Mantap Juga dibaca : Cara Aman Posting Ke Group Facebook Untuk Mencari Trafik atau Berjualan Agar Tidak di Blokir
Dalam perkembangannya Facebook terus membuat algoritma yang sangat mirip dengan kehidupan sosial manusia satu orang dengan orang lainnya akan saling berinteraksi semakin bagus interaksi seseorang dengan orang lainnya maka akan semakin tinggi ratingnya dan akan semakin tinggi visibilitas atau terlihatnya seseorang di Facebook.
Nah kita bisa memahami apabila semakin tinggi rating seseorang maka kesempatannya untuk berjualan atau mempromosikan produknya akan semakin besar Oleh karena itu maka kita mempunyai kesempatan atau potensi untuk memasarkan produk-produk yang kita inginkan titik

Bagaimana cara berinteraksi di facebook

Setelah memahami hal di atas tentu saja kita ingin mengetahui bagaimana cara berinteraksi di Facebook caranya sangat mudah :

  1. Buatlah status yang yang memiliki ketertarikan atau bisa menarik perhatian orang lain.
  2. Carilah teman yang kira-kira kita bisa menargetkan nya sebagai pangsa pasar atau market dari produk yang ingin kita jual menargetkan ini terkadang mudah namun terkadang juga sulit karena kita harus mengetahui bagaimana kecenderungan seseorang dan bagaimana tingkah laku dari teman yang akan kita tambahkan.
  3. Setelah kita memiliki teman maka apabila teman tersebut membuat status maka bereaksi lah dengan statusnya bisa saja dengan menyukai atau like dan hebatnya sekarang reaksi terhadap status teman sudah ditambahkan oleh Facebook kita bisa menyukai, mencintai, tertawa, terpesona, dan lainnya. Apabila interaksi ini telah kita lakukan maka teman tersebut juga akan selalu bisa melihat status yang kita miliki jadi. Jangan diharapkan apabila anda tidak berinteraksi dengan orang lain kemudian status yang anda tulis muncul di awal atau dinding seorang teman maka biasakanlah bereaksi terhadap status yang dimiliki oleh teman.
  4. Setelah kita bereaksi terhadap status seorang teman maka kita bisa juga melakukan komentar Kalau kami perhatikan nilai komentar di Facebook lebih besar poinnya dibandingkan dengan nilai melakukan like atau bereaksi seseorang yang sering berkomentar pada status temannya maka status seseorang tersebut akan lebih mudah terlihat oleh temannya, juga dalam teorinya Ustad apabila kita memiliki 5000 teman dan kita membuat satu status maka kemungkinan status kita itu bisa dilihat oleh 5% saja artinya dari 5000 teman kemungkinan status kita hanya bisa dilihat oleh 250 orang namun ini bukanlah suatu kepastian bisa saja algoritmanya berubah dan memiliki jumlah yang lebih atau kurang dari itu.
  5. Share adalah membagikan suatu status dari teman atau status yang kita miliki sendiri atau status yang kita dapat dari grup atau dari fanspage. Dengan men-share maka satu status akan semakin viral dan anda tidak perlu khawatir untuk menshare status orang lain, Kenapa??? karena dengan anda menshare status orang lain maka poin atau rating anda akan juga semakin tinggi di Facebook karena ini adalah satu bentuk dari interaksi juga.

Bagaimana memanfaatkan Interaksi Untuk Berjualan

Diatas kita sudah mempelajari bagaimana cara dasar berinteraksi di Facebook setidaknya bisa kita ringkas, ada 5 cara :

  • Membuat status 
  • Berteman atau Mencari Teman
  • Like status kita sendiri atau orang lain 
  • Memberikan komentar terhadap status kita sendiri atau orang lain
  • Men Share status orang lain
Sekarang mari kita lihat bagaimana cara memanfaatkan interaksi untuk berjualan :

  1. Buatlah status yang bermanfaat, kalau bisa hindari status yang alay misalnya curhat mengeluh atau status lainnya yang kira-kira tidak menarik perhatian orang lain, buatlah status yang berhubungan dengan produk yang akan kita jual, misalnya kita mau menjual obat-obatan tentu saja status yang terbaik yang kita miliki atau yang kita buat adalah status tentang kesehatan. 
  2. Dalam satu hari Buatlah maksimal 3 status saja dan tentukan jam-jam untuk membuat status tersebut. Kemudian keesokan harinya buatlah status tentang jualan koma yang perlu diperhatikan jika sahabat selalu membuat status tentang jualan maka orang-orang atau teman yang kita targetkan sebagai lahan untuk kita berjualan akan bosan dan bisa saja menghapus pertemanan dengan kita atau menghilangkan tampilan berada atau wall.
  3. Kemudian lakukan interaksi seperti yang telah dijelaskan diatas, Like, Komen dan Share
  4. Lakukan dengan rutin dan jangan bosan, dan tunggu hasilnya setelah satu minggu hal ini sahabat lakukan.

Demikian seri pertama dari Sukses Berjualan Online #1 Membangun Interaksi di Facebook mudah-mudahan Memberikan manfaat buat seluruh sahabat.

0 Response to "Sukses Berjualan Online #1 Membangun Interaksi di Facebook"

Post a Comment

Silahkan Comment namun bertanggung jawab

Artikel Populer