Review dan Pengalaman Belanja di Wish App Studi Kasus Beli Drone Harga Murah

Pernah berbelanja di wish? sebagian sahabat mungkin sudah melakukannya dan setiap orang mempunyai pengalaman yang berbeda dalam hal berbelanja menggunakan aplikasi wish. Pada kesempatan ini kami akan sedikit berbagai ataupun me review pengalaman belanja di wish. Ini hanya pengalaman pribadi tidak ada hubungan apa pun dengan perusahaan wish dan kami berharap ini bisa memberikan referensi bagi sahabat yang ingin menggunakan wish dan mencoba berbelanja di sana.

Sekilas Wish.

Sebelum kita lanjut ada baiknya kita ketahui dahulu apa itu perusahaan ini. Wish adalah sebuah perusahaan platform e-commerce online yang memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli. Wish didirikan pada 2010 oleh Piotr Szulczewski dan Danny Zhang.
Wish dioperasikan oleh ContextLogic Inc. di San Francisco.
Didirikan: 4 Juli 2010
CEO: Peter Szulczewski (2011–)
Lokasi kantor pusat: San Francisco, California, Amerika
Jumlah karyawan: 900
Anak perusahaan: Wish Outlet; Wish Express
Pendiri: Peter Szulczewski, Danny Zhang
(Source : wikipedia.com)
Sesuai pengertian di atas wish seperti marketplace yang ada di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan Bukalapak, jadi kita dapat melakukan belanja atau pembelian produk disana. Namun ada beberapa hal yang menyebabkan wish memiliki daya tarik tersendiri yaitu :

  • Harga jauh lebih murah 50% - 80% bahkan gratis, karena hanya membayar ongkos pengiriman saja.
  • Produk yang dijual kebanyakan berasal dari China sehingga harga murah
  • Produk cloning (tiruan) dari produk-produk terkenal misalnya seperti drone, barang-barang elektronik lain dan perangkat rumah tangga.

Pengalaman Belanja di Wish.

Update :

  • 27 Desember 2019, paket yang diharapkan masih belum sampai, dilakukan pelacakan status terakhir masih berangkat dari Hanzhou Cina Menuju Indonesia, dilacak di berbagai web track and trace status masih tidak di temukan.
  • 14 Januari 2020, ternyata masih belum sampai, malah di aplikasi diberikan estimasi terbaru akan sampai ke alamat kami yaitu Tanggal 18 Januari 2019.
  • 14 Maret 2020, barang tak kunjung tiba, saat coba kontak helpdesk atau support dari wish hanya dilayani oleh BOT (Aplikasi penjawab otomatis), akhirnya kami pilih untuk me refund uang yang sudah terlanjur dibayarkan. Uang memang di kembalikan semuanya, namun sayang hanya dalam bentuk Wish Cash. Wish Cash tidak bisa di transfer balik ke rekening bank kita dan hanya bisa digunakan untuk berbelanja di Wish.
  • 14 Maret 2020, pada hari yang sama kami coba belanja kembali, kan sayang kalau uang refund tidak bisa di ambil, jadi sekarang coba lagi belanja drone dari toko yang berbeda.
  • 19 Maret 2020, status terakhir paket berangkat dari Airport China ke Negara Tujuan Indonesia. Dan estimasi sampai adalah 12 Mei 2020. 
===

Sebelum berbelanja di wish kami sudah melihat iklan aplikasi wish berseliweran di dinding facebook, ada seorang teman yang berbelanja dan berhasil produk sampai dan memfoto produk tersebut di status postingannya.
Tertarik akan hal itu kami mencoba menginstall wish, beberapa waktu kami hanya memperhatikan produk-produk yang dijual dan memang dari foto-foto yang dipajang banyak produk yang membuat kita tertarik terutama harga yang ditawarkan, bahkan itu masih mendapatkan diskon lagi, sehingga bisa jauh lebih murah.
Akhirnya kami putuskan untuk membeli sebuah drone dengan spesifikasi sebagai berikut :
2020 New Upgrade HD Camera RC Drone Wifi FPV HD Adjustable Camera Altitude Hold One Key Return/Take Off RC Quadcopter Drone + Free Remote Control Battery Harga : IDR Rp461,845.00
White, 1080P Advanced version&3 battery, Qty 1

  • Proses pembelian dan  pembayaran tanggal 27 Nopember 2019
  • Tanggal 30 Nopember 2019 Order di proses oleh Penjual 
  • Tanggal 30 Nopember 2019 Sampai di Hangzhou China
  • Tanggal 3 Desember 2019 Sampai di Terminal Zhenzen China
  • Tanggal 3 Desember 2019 Berangkat dari China ke Negara Indonesia
  • Untuk selanjutnya lihat di bagian update.


Proses pembayaran menggunakan Xendit Invoice dan fasilitas virtual account sehingga sangat cepat dalam proses pembayaran.
Dalam keterangan di wish, estimasi sampai produk tersebut adalah tanggal 18 Des 2019 dan kami menunggu dengan H2C (Harap-harap Cemas), berharap karena drone tersebut adalah cloningan dari DJI dan cemas, karena uang sudah di transfer sebesar total Rp 461.845.

Namun apa dikata sampai dengan tanggal estimasi yaitu 18 Desember 2019 ternyata produk masih belum tiba alamat kami. Saat coba hubungi helpdesk wish melalui aplikasi, kami hanya di layani oleh bot (aplikasi otomatis penjawab chat) bahwa kiriman tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk sampai.

Terlalu dini jika mengatakan ada penipuan berbelanja di wish, kami akan terus mengupdate apabila ada perkembangan dari pengiriman barang yang kami order di wish. Ada beberapa review atau pengalaman yang beredar di internet seputar pengalaman belanja di wish, rata-rata menyatakan kurang puas dan komentar negatif

Kesimpulan 


  1. Dari segi tampilan wish sangat eye catching (menarik perhatian) terutama dengan menampilkan produk-produk terkini dengan fitur-fitur yang sangat menarik.
  2. Proses pengiriman sangat lama dan bahkan bikin jantung dag dig dug apalagi kalau order dengan harga dan jumlah yang cukup besar
  3. Harga memang murah dan terbilang sangat murah, pada beberapa produk malah hanya di minta ongkos kirimnya saja.
  4. Apabila ada masalah dan mau menghubungi kontak center atau helpdesk jangan berharap dapat dilayani oleh human (manusia sebagai customer service yang nyata), kita hanya akan dilayani oleh bot atau penjawab otomatis.
  5. Jika dana refund jangan berharap 

Penilaian Sementara 

Harga : ⭐⭐⭐⭐⭐

Kualitas : Buruk (Tidak Pantas Dapat Bintang Sama sekali)

Biaya Ongkir : ⭐⭐⭐⭐
Metode Pembayaran : ⭐⭐⭐⭐⭐
Layanan Konsumen : ⭐
Refund : Sangat Buruk (Refund dalam bentuk Wish Cash dan tidak bisa di uangkan)
Keamanan Belanja : Sangat Buruk dan Tidak Aman (Tidak Pantas dapat bintang)
Aplikasi : ⭐⭐⭐

28 Responses to "Review dan Pengalaman Belanja di Wish App Studi Kasus Beli Drone Harga Murah"

  1. Baru baru ini di bln februari 2020 saya juga tertarik dgn aplikasi wish yg saya dapat dr fb....singkat cerita saya beli beberapa barang yg murah dan sudah bayar lewat banking bni.....setelah saya pelajari estimasi pengirimanya bulan mei 2020 kurbih 3 bulanan....mohon maaf sebelumnya setelah tau yg saya pesan adalah produk dari.china....saya agak was was karena sekarang china sedang kena virus corona....mohon pencerahan gays apakah barang2 yang saya pesan aman dari virus corona?....tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari virus corona aman atau tidak tentu tidak bisa kita pastikan... tapi mudah-mudahan aman.
      namun kalau di perhatikan wish ini kurang bertanggung jawab, sebab dengan mudahnya mereka melakukan refund. yang tidak bisa kita terima adalah refund itu dalam bentuk wish cash, wish cash sama sekali tidak bisa di uang kan bro, hanya bisa di pakai untuk belanja...

      Delete
  2. Sudah 4kali order blm ada yg sampe sudah 2bulan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. teman saya ada yg bilang berhasil, ada juga orderannya yang gagal namun akhirnya minta refund... refund hanya bisa via wish cash... tidak bisa di uang kan coy...

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Kelanjutannya gimana pak apakah dronenya berhasil di terima?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya update...
      order pertama di wish gagal... kelamaan... order kedua sekarang on progress, jadi liat terus update nya ya... nanti kalau berhasil saya info nama toko nya... Tks

      Delete
  5. Bbrp pekan ini saya tertarik untuk beli barang melalui aplikasi wish, tapi agak ragu karena pengiriman barang dari luar negeri dgn kondisi negara di dlm + luar sdg pandemi, mgkn akan berpengaruh terhadap kelancaran distribusi. Bersyukur baca artikel ini akhirnya saya putuskan tdk dulu belanja melalui aplikasi wish :)

    ReplyDelete
  6. Saya ada beli hp...tp pengiriman nya selalu di undur hr nya...
    Kalo saya klik barang nya lagi...
    Jawaban nya dalam pantauan tim wish.
    Maksudnya apa?apa karna harganya murah banget atau ada keanehan?
    Mohon di jelaskan om

    ReplyDelete
  7. Kalau bisa pertimbangkan lagi utk belanja di wish, lama banget,,,, sampai lupa kalau ada pesanan

    ReplyDelete
  8. waduh gimana neh, baru aja konfirm pembelian termometer

    ReplyDelete
  9. Kira2 2 minggu yang lalu saya pesan barang di wish,sampai skrg tidk tau keberadaan pesanan saya.saya harus gimna sementara itu pesanan custumer saya

    ReplyDelete
  10. Thanks infonya, saya juga khawatir dr sistem pemesanan yg tidak ada fungsi chat dg penjual. Ini jelas TIDAK AMAN belanja di Wish. Tadinya saya juga sdh mau pesan produk, tapi saya batalin saja. Pandemi Corona juga blm berakhir, jadi saved your money dulu lah.

    ReplyDelete
  11. ada yang tau nomor call center sf express indonesia (jakarta)?

    ReplyDelete
  12. Aduh..saya sudah terlanjur belanja nih, sekitar tanggal 2 mei 2020 kemaren..
    Tapi rata² saya lihat komen pembeli yg diluar sana terutama amerika dan australia, komen mereka posisif, bahwa barang lebih cepat sampe dari perkiraan..
    Tahu begini...????
    Bingung deh..hiks..

    ReplyDelete
  13. Saya sdh melakukan pembayaran transfer virtual acount. Ttpi balasan email-nya pembayaran saya belum di terima. Mohon arahan teman2 yang sudah pengalaman dengan ini. Terima kasih

    ReplyDelete
  14. Saya sdh melakukan pembayaran transfer lewat virtual acount. Tetapi balasan email-nya belum melakukan pembayaran. Lalu saya replay email tersebut dengan menampilkan bukti pembayaran di attachment nya. Mohon arahan bapak-bapak yang telah pengalaman dengan pembelanjaan wish ini. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya dengan virtual account itu langsung terdeteksi oleh system sudah melakukan pembayaran, mungkin butuh waktu proses dari bank ke system wish nya... namun kami menyarankan utk tidak belanja terlalu mahal-mahal dulu... nanti kecewa nunggu barang gk sampai-sampai

      Delete
  15. Dan saya mohon info, apakah pabila belanja di wish itu kena bea cukai sampai ke rumah konsumen? Dan apakah barangnya original? Karena dari harga asli yg di coret ada harga jual...

    ReplyDelete
  16. Pengalaman paling tidak baik di wish. Saya pengalaman beli barang. Terus transaksi aku sdh transfer. Tetapi transferannya tdk masuk. Setelah aku di keluarkan oleh aplikasi wish. Dana saya hangus.

    ReplyDelete
  17. Saya juga pesan tgl 6 mei 2020 sekarang tgl 20 mei, dihubungi ke wish katanya pesanan anda sudah meluncur.. ini wish PENIPU PENIPU

    ReplyDelete
  18. Saya dah terlanjur belanja DI wish lewat iklan Wish di facebook. Akhirnya saya beli sebuah handphone pada 10 Maret 2020. Harga 1,8jt, total dengan ongkir 2,1jt. Estimasi kedatangan 23 Juni 2020. Saya sudah mulai H2C juga makanya saya search artikel2 ttg pengalaman belanja di wish. Semoga sih berhasil.

    ReplyDelete
  19. Hampir 2 tahun penelitian sy belanja di wish.com memang gk bener, makin lama kita belanja disitu makin gk karu karuan,3 kali 4 kali barang refund, refund beli lagi sampai 4 kali bayangkan...akhirnya beli barang sembarangan akibat geram! Dan saya laporkan ke google play store.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mungkin jalan yang bagus, dengan kita melaporkan maka tidak banyak kawan2 kita lain yang terlanjur transfer dan belanja. Wish terlihat hanya mementingkan uang masuk dari proses belanja... saat refund pun malah masuk ke wish cash... susah menarik kembali ke rekening kita...

      Delete
  20. Saya juga punya pengalaman buruk belanja diwish, udah 6 bulan pesanan saya tdk sampai...sangat kecewa belanja diwish

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan, belanja di wish banyak kecewanya... tapi saya heran ada kawan yang berhasil belanja drone, kawan facebook sih.. namun saat saya minta link/toko nya dia tidak kasih... Tks

      Delete
  21. Apa mungkin barang tertahan di kepabeaban, mengingat barang luar negeri apalagi elektronik kena pajak bea masuk. Apa ongkosnya sudah skalian bea masuk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aturannya memang begitu, seluruh kiriman dari luar negeri yang masuk ke Indonesia wajib melalui bea cukai, namun aturan bea cukai selalu berubah... dan biasanya akan di terapkan oleh kurir yang membawa kiriman tersebut.
      Namun jika diperhatikan kiriman dari wish itu memiliki nomor kiriman / barcode yang mereka buat sendiri dengan sistem mereka dan tidak terdaftar di sistem kurir internasional... jadi saat di lacak di akan ketemu.
      setiap status dari kiriman wish juga autogenerate oleh system mereka. Saya berbendapat mereka sistem "aji mumpung" yang penting uang dari konsumen masuk dulu... soal barang sampai atau tidak itu urusan ke 23.
      Nah biasanya ongkos belum termasuk biaya pabean atau bea masuk... nanti oleh bea cukai ada hitungan tersendiri.. bahkan terkadang ada barang yg dilarang masuk dan kita tidak bisa sama sekali mengambilnya.

      (ini pengalaman dari kurir lain ya... ) kalau dari wish kami belum pernah terima

      Delete

Silahkan Comment namun bertanggung jawab

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 BR 4

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel