Review dan Pengalaman Belanja di Wish App Studi Kasus Beli Drone Harga Murah

Pernah berbelanja di wish? sebagian sahabat mungkin sudah melakukannya dan setiap orang mempunyai pengalaman yang berbeda dalam hal berbelanja menggunakan aplikasi wish. Pada kesempatan ini kami akan sedikit berbagai ataupun me review pengalaman belanja di wish. Ini hanya pengalaman pribadi tidak ada hubungan apa pun dengan perusahaan wish dan kami berharap ini bisa memberikan referensi bagi sahabat yang ingin menggunakan wish dan mencoba berbelanja di sana.

Sekilas Wish.

Sebelum kita lanjut ada baiknya kita ketahui dahulu apa itu perusahaan ini. Wish adalah sebuah perusahaan platform e-commerce online yang memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli. Wish didirikan pada 2010 oleh Piotr Szulczewski dan Danny Zhang.
Wish dioperasikan oleh ContextLogic Inc. di San Francisco.
Didirikan: 4 Juli 2010
CEO: Peter Szulczewski (2011–)
Lokasi kantor pusat: San Francisco, California, Amerika
Jumlah karyawan: 900
Anak perusahaan: Wish Outlet; Wish Express
Pendiri: Peter Szulczewski, Danny Zhang
(Source : wikipedia.com)
Sesuai pengertian di atas wish seperti marketplace yang ada di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan Bukalapak, jadi kita dapat melakukan belanja atau pembelian produk disana. Namun ada beberapa hal yang menyebabkan wish memiliki daya tarik tersendiri yaitu :

  • Harga jauh lebih murah 50% - 80% bahkan gratis, karena hanya membayar ongkos pengiriman saja.
  • Produk yang dijual kebanyakan berasal dari China sehingga harga murah
  • Produk cloning (tiruan) dari produk-produk terkenal misalnya seperti drone, barang-barang elektronik lain dan perangkat rumah tangga.

Pengalaman Belanja di Wish.

Update :

  • 27 Desember 2019, paket yang diharapkan masih belum sampai, dilakukan pelacakan status terakhir masih berangkat dari Hanzhou Cina Menuju Indonesia, dilacak di berbagai web track and trace status masih tidak di temukan.
  • 14 Januari 2020, ternyata masih belum sampai, malah di aplikasi diberikan estimasi terbaru akan sampai ke alamat kami yaitu Tanggal 18 Januari 2019.


Sebelum berbelanja di wish kami sudah melihat iklan aplikasi wish berseliweran di dinding facebook, ada seorang teman yang berbelanja dan berhasil produk sampai dan memfoto produk tersebut di status postingannya.
Tertarik akan hal itu kami mencoba menginstall wish, beberapa waktu kami hanya memperhatikan produk-produk yang dijual dan memang dari foto-foto yang dipajang banyak produk yang membuat kita tertarik terutama harga yang ditawarkan, bahkan itu masih mendapatkan diskon lagi, sehingga bisa jauh lebih murah.
Akhirnya kami putuskan untuk membeli sebuah drone dengan spesifikasi sebagai berikut :
2020 New Upgrade HD Camera RC Drone Wifi FPV HD Adjustable Camera Altitude Hold One Key Return/Take Off RC Quadcopter Drone + Free Remote Control Battery Harga : IDR Rp461,845.00
White, 1080P Advanced version&3 battery, Qty 1

  • Proses pembelian dan  pembayaran tanggal 27 Nopember 2019
  • Tanggal 30 Nopember 2019 Order di proses oleh Penjual 
  • Tanggal 30 Nopember 2019 Sampai di Hangzhou China
  • Tanggal 3 Desember 2019 Sampai di Terminal Zhenzen China
  • Tanggal 3 Desember 2019 Berangkat dari China ke Negara Indonesia


Proses pembayaran menggunakan Xendit Invoice dan fasilitas virtual account sehingga sangat cepat dalam proses pembayaran.
Dalam keterangan di wish, estimasi sampai produk tersebut adalah tanggal 18 Des 2019 dan kami menunggu dengan H2C (Harap-harap Cemas), berharap karena drone tersebut adalah cloningan dari DJI dan cemas, karena uang sudah di transfer sebesar total Rp 461.845.

Namun apa dikata sampai dengan tanggal estimasi yaitu 18 Desember 2019 ternyata produk masih belum tiba alamat kami. Saat coba hubungi helpdesk wish melalui aplikasi, kami hanya di layani oleh bot (aplikasi otomatis penjawab chat) bahwa kiriman tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk sampai.

Terlalu dini jika mengatakan ada penipuan berbelanja di wish, kami akan terus mengupdate apabila ada perkembangan dari pengiriman barang yang kami order di wish. Ada beberapa review atau pengalaman yang beredar di internet seputar pengalaman belanja di wish, rata-rata menyatakan kurang puas dan komentar negatif

Kesimpulan 


  1. Dari segi tampilan wish sangat eye catching (menarik perhatian) terutama dengan menampilkan produk-produk terkini dengan fitur-fitur yang sangat menarik.
  2. Proses pengiriman sangat lama dan bahkan bikin jantung dag dig dug apalagi kalau order dengan harga dan jumlah yang cukup besar
  3. Harga memang murah dan terbilang sangat murah, pada beberapa produk malah hanya di minta ongkos kirimnya saja.
  4. Apabila ada masalah dan mau menghubungi kontak center atau helpdesk jangan berharap dapat dilayani oleh human (manusia sebagai customer service yang nyata), kita hanya akan dilayani oleh bot atau penjawab otomatis.

Penilaian Sementara 



Harga : ⭐⭐⭐⭐⭐
Kualitas : – (Produk Belum Diterima)
Biaya Ongkir : ⭐⭐⭐⭐
Metode Pembayaran : ⭐⭐⭐⭐⭐
Layanan Konsumen : ⭐
Refund : - Belum pernah mengalami Refund
Keamanan Belanja : – Produk belum diterima
Aplikasi : ⭐⭐⭐

0 Response to "Review dan Pengalaman Belanja di Wish App Studi Kasus Beli Drone Harga Murah"

Post a Comment

Silahkan Comment namun bertanggung jawab

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 BR 4

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel