Aktifkan COD (Cash On Delivery) Untuk Meningkatkan Penjualan Online di Marketplace

Bagi pedagang online yang berjualan di marketplace silahkan simak petunjuk dalam artikel ini dan lakukan hari ini juga jangan menunggu lagi, karena omzet anda akan bertambah 80% sampai dengan 200% dari penjualan biasa jika melakukannya.
COD adalah masa depan bisnis penjualan barang secara online, dengan adanya fasilitas COD pelanggan akan lebih tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan, karena menurut mereka dengan sistem pembayaran tersebut akan lebih flexible dan mereka bisa melihat lebih dahulu produk yang akan mereka beli.

Pengertian

COD (Cash On Delivery) adalah sistem pembayaran pembelian barang atau produk yang di bayar saat barang sudah sampai di tempat pembeli.

Pengalaman menggunakan COD 

a. Sebagai Penjual (Seller)

Kami menjual produk herbal dan beberapa produk lain di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Lazada. Persaingan penjualan di marketplace sungguh luar biasa, pedagang tidak segan-segan banting harga bahkan terkesan tidak ada mengambil untung sama sekali, yang penting barangnya laku terjual.
Lalu persaingan SEO Marketplace, mulai dari nama produk, deskripsi. gambar produk sampai dengan pernak pernik lain sangat lah tinggi. Orang yang hanya asal-asalan melakukan penjualan akan sangat sulit muncul pada halaman pertama pencarian di marketplace.
Kami juga mengalami hal yang sama, namun ternyata itu semuah butuh waktu, setelah dilakukan optimasi, kemudian juga dengan melakukan berbagai macam trik akhir toko online kami di marketplace mulai dikenal dan satu per satu pembeli berdatangan. Namun tidak terjadi peningkatan penjualan sepertinya hanya jalan di tempat, dalam 1 minggu terkadang ada penjualan 3 sampai dengan 4 order, namun kadang juga kurang dari itu.
Nah di salah satu marketplace kalau tidak salah Shopee waktu itu muncul penawaran dari sistem shopee untuk mengaktifkan COD dari salah satu Kurir yang tersedia yaitu JNT. Ini berdasarkan kerjasama mereka karena dari semenjak awal sudah ada kerjasama tersebut dan sekarang ada fitur COD.
Singkat cerita akhirnya kami mengaktifkan fitur COD di marketplace dan hasilnya sangat memuaskan terjadi peningkatan penjualan 80% sampai dengan 200% daripada biasanya dan ini terus meningkat. Biasanya kami hanya menjual 100 box per bulan sekarang sudah sampai 300 box bahkan lebih setiap bulannya.

b. Sebagai penjual

Walaupun artikel ini lebih ditujukan kepada penjual. Namun sesungguhnya apa sih yang dirasakan oleh pembeli saat adanya fitur COD ? Dengan adanya fasilitas penjualan COD maka pembeli :

  • Tertarik untuk mencoba membeli karena bisa di bayar di tempat
  • Mau mencoba membeli walaupun tidak mempunyai rekening bank karena harus transfer saat melakukan pembayaran. Jadi proses bayar bisa lebih mudah karena bisa dilakukan pada kurir.
  • Lapar untuk membeli karena mau melihat produk atau barang jika tidak cocok tinggal menolak dan mengembalikan produk
  • Lebih percaya dan merasa aman tidak terjadi penipuan kepada mereka
  • Tidak ada resiko


Nah jika dilihat dari sisi pelanggan tersebut ternyata banyak hal yang menarik perhatian mereka untuk melakukan pembelian. Namun tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dari sistem tersebut, agar kita seimbang dalam menilai suatu sistem mari simak apa keunggulan dan kelemahan dari sistem COD.

Keunggulan dan Kelemahan dari sistem COD (Cash On Delivery)

Keunggulan 


  • Penjual/Seller akan meningkat penjualannya karena opsi pengiriman dan kurir lebih banyak dan pelanggan bisa bertambah yakin dan percaya
  • Pembeli lebih percaya karena ada rasa aman dalam bertransaksi dan mereka tidak merasa tertipu karena bisa melihat langsung barang sebelum melakukan pembayaran
  • Pembayaran bisa langsung di tempat tanpa proses transfer ataupun rekber (rekening bersama) yang ribet
  • Dari sisi pembeli tidak ada resiko kehilangan uang atau penipuan, karena dengan melihat langsung barang baru di bayar.

Kelemahan

  • Penjual kadang berada pada posisi yang dirugikan karena saat ada pembeli yang iseng bisa saja dia tidak jadi membeli dan mengembalikan produk. Ingat produk dalam perjalanan oleh kurir bolak balik bisa saja terjadi kerusakan.
  • Saat alamat pembeli sulit ditemukan dan ditelpon tidak mau mengangkat maka kurir segera mengembalikan kiriman kepada penjual sehingga penjual menjadi rugi karena alamat yang tidak jelas.
Dari penjelasan tersebut dapat menjadi referensi bagi sahabat apakah akan mengaktifkan COD atau tidak. Namun menurut kami tidak ada pilihan lain saat untuk meningkatkan penjualan selain mengaktifkan segera COD, karena dengan adanya pilihan fitur ini penjualan dapat meningkat lebih tinggi lagi. Jika ada yang ingin sahabat tanyakan atau komentar terhadap artikel ini jangan sungkan-sungkan silahkan isi di bagian input komentar mudah-mudahan kami segera dapat meresponnya. Selamat mencoba...

1 Response to "Aktifkan COD (Cash On Delivery) Untuk Meningkatkan Penjualan Online di Marketplace"

  1. Mantul pak budi, semoga ilmu yang disampaikan jadi amal ibadah

    ReplyDelete

Silahkan Comment namun bertanggung jawab

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 BR 4

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel