7 Langkah Sukses Berjualan Di Marketplace Lazada Tokopedia Bukalapak Shopee dan Lainnya

Semua seller yang berjualan di marketplace tentu saja ingin sukses berjualan secara online, marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli, Zalora dan lainnya menjadi tempat yang sangat potensial untuk meraih pendapatan dan keuntungan dari berjualan online.
Setiap marketplace berlomba-lomba memanjakan dan melayani penggunanya dengan berbagai fitur yang gratis maupun berbayar. Tentu saja dengan sangat banyaknya seller disana akan menimbulkan persaingan yang cukup ketat diantara mereka sehingga untuk memenangkan persaingan berjualan di marketplace kita harus mengetahui langkah-langkah yang tepat.

Apa saja langkah sukses yang bisa ditempuk dalam berjualan di marketplace? Simak atau baca dengan seksama artikel ini sampai selesai dan upayakan untuk menerapkannya.

1. Responsif atau Cepat Tanggap Dalam Merespon Orderan Tepat Waktu

Responsif adalah kecepatan dalam menanggapi atau merespon keinginan dari pelanggan / buyer, tidak saja dalam hal orderan atau permintaan untuk membeli, namun juga responsif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan pembeli sesuai dengan produk yang kita jual. Misalnya tentang harga, kegunaan, masa laku atau expired dan lain sebagainya.
Mengenai orderan semakin tinggi kecepatan dalam merespon suatu orderan maka akan semakin sukses kita dalam berjualan. Betapa tidak seller yang melayani pelanggan dengan tidak menunda-nunda waktu akan cepat memproses barang yang telah di order untuk kemudian diserahkan kepada kurir dan dikirim kepada pelanggan. 
Sekali lagi jangan pernah menunda. Karena sekali sahabat seller menunda maka kesempatan untuk melayani pelanggan secara cepat akah hilang. Dan ini nanti sangat berperangaruh terhadap penilaian  dari pembeli. Tentu kecepatan ini tidak di artikan "grasa grusu" namun terukur dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pelanggan (bisa dibaca pada poin. 2).
Tips :
  • Sering-seringlah login ke aplikasi, karena dengan login tersebut maka pembeli akan melihat kapan terakhir kali kita masuk aplikasi atau aktif di aplikasi. Apabila tidak aktif dalam jangan waktu yang cukup lama akan mengakibatkan kurangnya kepercayaan pembeli
  • Jawab chat pelanggan atau diskusi produk maksimal 30 menit sejak pembeli atau calon pembeli menuliskan komentarnya, jawablah dengan jelas dan jangan bertele-tele.
  • Setelah produk dikirim segera input resi atau nomor tracking pengiriman agar bisa terdeteksi oleh sistem marketplace dan status produk berubah dari "Diproses Seller" menjadi "Dikirim".

2. Proses Orderan Dengan Tepat dan Akurat

Proses orderan jangan pernah salah, bisa jadi suatu saat orderan berlimpah dan sahabat mengalami kesulitan dalam melakukan packing atau pembungkusan, hal ini harus diperhatikan. Jika perlu buatlah semacam QC (Quality Control) sebelum produk di masukkan kedalam kemasan dan packing. Ketepatan dan Akurat meliputi :
  • Jumlah produk dan jenis yang di kemas atau di packing
  • Alamat yang dituju harus sesuai. Jangan pernah salah kirim.

3. Aktifkan seluruh jasa kurir yang disediakan oleh marketplace

Ada sebagian pembeli tidak jadi membuat order di toko online kita di marketplace hanya karena tidak ada kurir langganannya. Bagi penjual tidak boleh hanya fanatik pada satu kurir saja, sangat di anjurkan untuk membuka semua jasa kurir. Bahkan sebenarnya pembeli lah yang menentukan kurir mana yang dinginkannya. 
Namun terkadang muncul masalah ternyata kurir tersebut justru di pilih dan ditentukan oleh Marketplace. Seperti Lazada kita sebagai Seller tidak bisa menentukan kurir mana yang harus kita aktifkan, secara sistem lazada sudah menetapkan kurir yang diperboleh muncul di setiap toko online yang bergabung dengan mereka. Pelanggan hanya di beri pilihan Reguler atau Express saja.
Mereka membuat rating terhadap kurir dengan tingkat kecepatan, ketepatan dan keamanan kiriman. Semakin bagus kurir, biasanya semakin sedikit komplain dan itu berarti lebih cepat, tepat dan aman dalam mengirimkan produk kepada pelanggan.

4. Perbanyak Pilihan Produk

Tidak salah kalau hanya 1 menjual produk di toko kita. Namun itu hal yang mustahil, kecuali sahabat memang satu-satu nya orang yang memiliki produk tersebut. Dengan memperbanyak produk yang dijual akan membuka peluang bagi pelanggan untuk melakukan order produk lainnya. Variasai produk sejenis bisa berupa warna dan ukuran. Atau justru perbanyak jenis sehingga pelanggan tidak lari ke toko lain untuk mencari produk yang diinginkannya.

5. Harga Kompetitif alias bersaing

Bagian "hitam" dari marketplace adalah persaingan harga, para pebisnis online banyak yang jor-joran menurunkan harga bahkan mendekati harga modal dan yang paling sadis ada yang menjual di harga modal. Belum lagi jika yang masuk di marketplace adalah supplier atau distributor utama tentu saja dia bisa memberikan harga yang paling murah.
Namun jangan berkecil hati, selalu saja ada peluang bagi kita untuk bisa mendapatkan pembeli di marketplace, untuk itu memang berilah harga yang bersaing dengan pebisnis lain, penjual harus rajin-rajin mengecek harga yang muncul di marketplace, biasanya ada yang terpaut Rp 1000 sd Rp 2000 rupiah dari harga yang ditawarkan oleh orang lain. Apabila kita bisa menerapkan poin 5. ini maka kesuksesan berjualan di MP tersebut akan lebih mudah tercapai.

6. Deskripsi Jelas dan Nama dan Foto produk yang relevan

Poin 6. Yang berkaitan dengan Deskripsi dan nama produk lebih mengarah kepada algoritma yang biasanya dimiliki oleh masing-masing MP, dengan membuat Deskripsi yang jelas, Nama dan Foto produk akan memudahkan mesin pencari merangking dan bahkan memposisikan produk kita di marketplace. Dalam hal ini biasa disebut sebagai Optimasi SEO, diharapkan perbaikan ini dapat mendongkrak rangking dari produk yang kita tawarkan sehingga mudah di cari oleh pelanggan.
Bagaimana Contoh Optimasi dari Deskripsi, Nama dan Foto Produk Tersebut? Silahkan ikuti panduan berikut ini :
Misalnya sahabat memiliki sebuah produk Sepatu dengan merek Godzilla
Rumus Dasar Penamaan Produk
Jenis + Merek + Keterangan + Kata Promosi

Jenis : Isi jenis nama produk Yaitu Sepatu.
Merek : Beri nama merek sesuai produk anda yaitu Godzilla.
Keterangan : Beri keterangan sesingkat mungkin seperti ukuran atau jenis modelnya , misal ukuran M, L, atau XL , Original, Tahan Air, Kulit Asli.
Kata Promosi : masukan kata kata Promosi seperti .murah, terbatas, diskon 50%, berkualitas , Garansi Resmi. Esklusif.

Sehingga hasilnya menjadi :
Sepatu Godzilla Kulit Asli Garansi Resmi.

7. Gunakan Fitur Periklanan Marketplace

Tidak selamanya beriklan di marketplace bisa menjadikan kita sukses untuk mendapatkan penjualan yang banyak, namun setidaknya dengan beriklan maka peluang produk kita berada di halaman pertama pencarian akan lebih besar.
Fitur periklanan di marketplace bermacam-macam namun satu hal yang pasti fitur ini menggunakan keyword atau kata kunci yang memiliki nilai yang berbeda, semakin tinggi tingkat persaingan penggunaan kata kunci biasanya akan semakin besar anggaran iklan yang harus kita keluarkan.
Jika dibahas bisa agak panjang fitur iklan ini, namun yang perlu diperhatikan oleh sahabat adalah :

  • Siapkan respon yang cepat jika menggunakan iklan, karena kemungkinan produk anda akan segera laku keras dalam jumlah yang besar
  • Pilih produk yang memiliki profit cukup tinggi sehingga dapat menutupi anggaran iklan yang dikeluarkan.
  • Hati-hati menggelontorkan anggaran iklan sebab bisa jadi anggaran habis namun tidak ada closing (penjualan) yang terjadi.
  • Riset keyword dengan baik sehingga produk yang diiklankan betul-betul relevan dengan keyword yang digunakan.
Demikian 7 Langkah Sukses Berjualan Di Marketplace Lazada Tokopedia Bukalapak Shopee dan Lainnya, semoga dapat memberikan wawasan berpikir baru bagi kita semua. Jangan lupa untuk share apabila artikel ini bermanfaat, namun jika ada hal yang ingin didiskusikan silahkan di bagian komentar.

0 Response to "7 Langkah Sukses Berjualan Di Marketplace Lazada Tokopedia Bukalapak Shopee dan Lainnya"

Post a Comment

Silahkan Comment namun bertanggung jawab

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 BR 4

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel