Cara Sederhana Meningkatkan BPK Adsense atau CPC Google Adsense

Salah satu faktor yang bisa mendongkrak pendapatan adsense menjadi tinggi dengan cepat adalah nilai BPK atau CPC yang besar. Percuma punya web atau blog yang banyak di kunjugi orang (trafik tinggi) namun justru BPK nya rendah.

Menurut Google BPK atau Biaya Per Klik adalah jumlah yang Anda peroleh setiap kali pengguna mengeklik iklan Anda. BPK untuk iklan ditentukan oleh pengiklan; sebagian pengiklan mungkin bersedia membayar lebih per klik daripada pengiklan lainnya, tergantung pada apa yang diiklankan.
Dari pengertian tersebut dapat di ambil beberapa poin :
  1. BPK bisa di tentukan besarannya oleh pengiklan
  2. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besarnya BPK pada iklan
Coba perhatikan mungkin sahabat punya blog dengan trafik yang tinggi, dalam sehari ada sekitar 1000 sampai dengan 5000 view bahkan lebih. Jumlah klik juga lumayan bisa mencapai 50 sampai 100 klik, namun pendapatannya kecil sekali hanya mencapai Rp 10.000 sampai dengan Rp 30.000.

Apa yang salah ????

Menurut pendapat ahli google adsense dari total traffik yang kita dapatkan biasanya ada sekitar 1% sd 5% dari view tersebut yang berminat mengklik, jadi seharusnya kita berpotensi mendapatkan penghasilan yang cukup besar dengan semakin besarnya trafik ke web kita.

Berarti kemungkinan besar nilai BPK yang sangat kecil, yang menyebabkan faktor kali dari klik kita menjadi tidak bernilai tinggi. Mari baca ilustrasi dibawah ini :

  • Klik 50, BPK Rata-rata Rp 110
  • Total Estimasi Earnings (Pendapatan) 50 x Rp 110 = Rp 5.500
Sesuatu banget ya... sangat kecil. Nah sekarang Bagaimana cara sederhana meningkatkan BPK atau CPC di Google Adsense ? mari simak cara yang kami lakukan dan mudah-mudahan ini juga berhasil works pada web atau blog yang sahabat miliki.

1. Fokus Pada 1 Niche Untuk 1 Blog atau Web

Biasa disebut Niche Blogging, fokus pada satu niche untuk 1 blog atau web. Niche sering diartikan tema atau hal yang dibahas pada sebuah blog. Blog yang membahas tema khusus dan tidak melebar pada tema yang lainnya biasanya akan lebih sering dikunjungi oleh orang yang juga memiliki kepentingan sesuai dengan tema tersebut.
Misalnya blog yang membahas tentang game maka para peminat game akan sering mengunjunginya, blog bisnis maka orang yang mencari informasi seputar bisnis akan selalu mengaksesnya. 
Bagi google blog atau web ini memiliki potensi yang tinggi untuk menampilkan iklan tertarget sesuai dengan niche atau tema yang ada di blog tersebut. Maka coba perhatikan jika kita mengunjungi blog masalah bisnis yang berkaitan dengan bagaimana cara berbisnis, peluang usaha dan lainnya maka sering tampil iklan yang berhubungan dengan bisnis juga.
By sistem atau berdasarkan penetapan dari advertiser blog dengan tema tertentu akan menjadi target dari periklanan mereka dan tentu saja semakin banyak advertiser yang menyasar kata kunci yang kita miliki di blog yang kita kelola makan akan semakin tinggi pula tingkat persaingan munculnya iklan di blog tersebut, akhirnya kemungkinan besar akan mendongkrak naiknya nilai BPK dari iklan-iklan yang tampil.
Kami kasih bocoran, kami punya satu web wallpaper yang bertema / niche Rumah atau Bangunan, dan terus fokus mengupload foto-foto seputar rumah-rumah yang ada di dunia. Walaupun pengunjungnya tidak terlalu banyak namun sebagian besar traffic berasal dari google dan mendapatkan BPK yang lumayan bahkan pernah melebih dari $1 Per Klik. 
↑ Back

2. Memilih Keyword yang tinggi BPK nya

Ada satu blog yang boleh disebut blog gado-gado. Kata orang blog gado-gado tidak terlalu tinggi BPK nya dan cenderung selalu kecil. 
Eitss tunggu dulu... Banyak faktor yang bisa menyebabkan BPK jadi tinggi salah satunya adalah Keyword, walau sahabat punya blog atau web gado-gado (membahas banyak hal) tidak perlu khawatir karena masih tetap memiliki kesempatan untuk mendapatkan nilai CPC / BPK yang tinggi yaitu dengan menargetkan keyword yang memiliki nilai BPK tinggi.
Dalam dunia Google Adsense semua orang sudah maklum bahwa beberapa keyword berikut memiliki BPK yang besar :

  • Asuransi 
  • Otomotif
  • Kesehatan
  • Keuangan
  • Dan lainnya
Jadi pilihlah pembahasan konten yang betul-betul memiliki keyword yang tinggi nilai CPC nya, untuk mengetahui itu biasanya orang akan melakukan riset terlebih dahulu terhadap kw yang akan di bahasnya.
Ada banyak tools baik yang gratis maupun berbayar untuk me riset keyword, silahkan sahabat coba googling dengan kata kunci "tool riset keyword" maka akan bermunculan tools untuk melakukan hal tersebut.
↑ Back

3. Buat Artikel Original Bukan Copy Paste

Google adsense sudah aktif selama bertahun-tahun dan sudah banyak pula dikembangkan untuk dapat mendeteksi apakah sebuah artikel yang ada di web adalah artikel original atau malah artikel tiruan (baca copy paste). 
Semakin artikel tersebut bagus dan orisinil maka akan semakin tinggi pula kemungkinan BPK yang dihasilkan, dengan algoritma google terbaru akan sangat mudah menentukan mana artikel yang asli dan copy paste, bahkan bisa mendeteksi artikel yang telah di spin atau pun di ganti prasa-prasa kalimat di artikel tersebut.
Membuat artikel original tidaklah susah, urutan sederhana dalam membuat sebuah artikel sama dengan pelajaran kita waktu mengarang di sekolah antara lain :
  • Menentukan Tema
  • Membuat Kerangka Tulisan
  • Menulis Sesuai hal tersebut diatas.
Mudah bukan???
↑ Back

4. Tingkatkan Bobot Artikel dan Pengunjung Organik

Bagaimana kriteria suatu artikel di anggap berbobot ?
  • Apakah harus panjang? 
  • Apakah harus mendetail?
  • Memiliki gambar yang banyak?
  • Membahas Dengan angka?
Lalu bagaimana caranya google merangking atau menandai bahwa aplikasi itu berbobot?
Secara pasti tidak ada yang tahu, namun setidaknya sudah ada berbagai artikel yang membahas tentang SEO dan SEM yang semuanya bertujuan bagaimana kita bisa berada di rangking tertinggi dari pencarian dai Search Engine.
Dari pertanyaan diatas jawabannya cukup sederhana yaitu :
  • Panjang pendek suatu artikel tidak menjamin akan menjadi berbobotnya suatu artikel
  • Artikel dianggap berbobot saat apa yang dibutuhkan oleh pembaca terpenuhi.
  • Biasanya suatu pembahasan walaupun pendek namun bisa memberikan solusi terhadap yang dibutuhkan akan menyebabkan orang selalu datang dan mengunjungi web atau blog tersebut.
  • Semakin lama durasi berada di suatu halaman artikel bisa jadi menunjukkan semakin baiknya artikel tersebut.
Nah sudah dapat poinnya??? mari lebih kita ringkas artikel yang berbobot adalah artikel yang bisa memberikan solusi bagi pembacanya.. simple kan.

Pengunjung Organik

Semakin berbobot suatu artikel biasanya akan memancing pengunjung organik datang sebagai view murni dari pencarian google ke blog kita. 
Sahabat mungkin bisa menshare artikel di medsos, japri via mesengger di group-group dan berharap orang membaca dari link yang kita sebar, lalu beberapa diantaranya diharapkan dapat mengklik iklan kita.
Ternyata eh ternyata... Klik yang diperoleh dari link yang kita sebar via medsos (baca : nyepam) itu sering lebih kecil nilai BPK nya dari Klik yang didapat langsung dari link hasil pencarian di google.
Kenapa Begitu?
Secara logika saja link yang di sebar melalui medsos tentunya bukan link yang diharapkan, apalagi disertai rayuan untuk membuka link tersebut, seringkali orang kadang tertipu membuka link dan ternyata apa yang tampil di web tidak sesuai dengan yang mereka harapkan.
Berbeda dengan link yang muncul dari hasil pencarian google, orang adalah betul-betul mencari suatu informasi yang dibutuhkannya dan jika itu menuju ke web atau blog kita tentunya nilainya BPK nya menjadi tinggi apalagi artikel yang kita miliki sangat relevan (cocok) dengan yang mereka inginkan tersebut.
↑ Back

5. Pemilihan Jenis Iklan

Jenis iklan ada banyak saat sahabat membuat iklan unit di Dashboard Google Adsense akan diberi pilihan seperti berikut (gambar bisa saja berubah saat google adsense mengudpate aplikasinya).

Diatas dapat kita lihat Jenis Iklan yang tersedia :
  • Text and Display Ads
  • Matched Content
  • In Feed Ads
  • In Article Ads
Untuk lebih lengkapnya berdasarkan situs google support berikut daftar lengkap jenis iklannya :
  • Teks (termasuk iklan teks yang telah ditampilkan dalam format bergaya majalah "seperti gambar")
  • Gambar
  • Multimedia
  • Flash
  • Video
  • Gambar animasi
  • Audio
  • Unit tautan
Masing-masing jenis iklan tersebut diatas memiliki keunggulan tersendiri, namun menurut pendapat kami (mudah ini sudah di buktikan dari website yang kami kelola) ada satu jenis iklan yang cukup besar BPK atau CPC dan sangat potensial untuk meraih pendapatan, apa itu ???

Jenis Iklan yang besar CPC Tersebut adalah Iklan Unit Tautan (Links). 

Kenapa iklan unit tautan cukup besar BPK nya, kemungkinan karena dalam satu tampilan itu muncul beberapa link yang berbeda antara satu dengan yang lain dan berbeda advertiser (pengiklannya). Nah disini muncul sistem lelang pada posisi dimana kemungkinan klik akan terjadi lebih sering, maka Iklan itulah yang menang.

↑ Back

Nah dari poin-poin diatas rasanya sudah cukup jelas bagaimana Cara Sederhana Meningkatkan BPK Adsense atau CPC Google Adsense menjadi lebih tinggi dan kami berharap jadi referensi bagi sahabat semuanya.

Disclaimer 

Cara yang kami lakukan dan berhasil meningkatkan BPK namun belum tentu berhasil pula dicoba oleh sahabat pada web yang dikelola, karena banyak faktor yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, jadi tidak ada jaminan akan berhasil.

0 Response to "Cara Sederhana Meningkatkan BPK Adsense atau CPC Google Adsense"

Post a Comment

Silahkan Comment namun bertanggung jawab

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel