5 Cara Sukses Bisnis Jualan Madu

Bisnis madu jualan madu adalah bisnis memasarkan madu kepada konsumen baik secara langsung, reseller, konsinyasi ataupun dropship hal ini bisa dilakukan secara online maupun offline. Madu adalah produk dari alam yang dihasilkan oleh lebah dan kaya akan manfaat dan khasiat terutama untuk kesehatan dan bisa juga untuk kecantikan.
Madu adalah produk alami yang sangat diminati oleh konsumen karena khasiatnya yang luar biasa tadi, sehingga tidak heran jika madu yang dipasarkan sering cepat habis terjual kepada pelanggan. Namun kadang banyak pelanggan yang kecewa setelah mendapatkan madu yang dibelinya adalah madu aspal, asli tapi palsu.

Kenapa demikian? kenapa ada madu yang palsu? Ini disebabkan banyak pedagang madu curang memanfaatkan minat konsumen yang besar untuk mengkonsumsi madu dengan memproduksi madu yang palsu, nanti kita akan membahas tersendiri mengenai madu palsu ini. Apa yang yang dilakukan oleh pedagang curang ini tentunya akan merusak reputasi pedagang madu yang asli, sehingga untuk menjual madu yang asli menjadi lebih sulit dari seharusnya.
Dari pengalaman admin bergaul dengan kawan-kawan penjual madu maka dapat disimpulkan beberapa hal atau cara yang dapat membuat sukses dalam bisnis berjualan madu yaitu :

  1. Bahan Baku Madu Asli dan Alami
  2. Memiliki Reputasi
  3. Merek dan Kemasan Menarik
  4. Harga Bersaing
  5. Penjualan Offline dan Online
Baiklah sekarang kita coba menjelaskan satu per satu Kiat atau Cara Sukses Bisnis Jualan Madu :

1. Bahan Baku Madu Asli dan Alami

Jangan pernah sekali-sekali menjual madu yang palsu, karena sekali saja madu yang sahabat jual adalah madu palsu maka pembeli atau konsumen tidak akan pernah lagi mau membeli kepada kita. Bahan baku yang kami maksud adalah jika sahabat bukan produsen namun sebagai penjual saja, kita harus membedakan ada produsen madu yang sekaligus sebagai penjual. Misalnya peternakan atau penangkaran lebah madu terkadang mereka hanya sebagai produsen saja, dan menjual madunya kepada sahabat yang melakukan bisnis madu.
Pada posisi kita sebagai penjual saja, maka pastikan madu yang kita ambil dari produsen baik yang beternak madu lebah atau mengambil madu dari lebah liar di hutan dan pegunungan adalah asli, hal yang paling mudah dalam memastikan keaslian madu ya melihat secara langsung proses produksi, jika perlu kita terlibat langsung dalam proses produksinya.
Sebagian teman-teman penjual madu bahkan rela melakukan ekspedisi pencarian madu ke hutan belantara, memanjat pohon yang tinggi, menantang maut untuk mendapatkan madu yang asli.
Dengan bahan baku madu asli dan alami maka konsumen akan selalu mencari madu yang sahabat jual karena mereka yakin akan keasliannya.
Madu yang asli tentu akan memberikan manfaat yang sangat hebat dan ini biasanya akan terbukti langsung pada mereka yang membeli.

2. Memiliki Reputasi

Berjualan madu tidaklah proses satu atau dua hari, walaupun kita memiliki madu yang asli tetap saja kita harus mampu memberi keyakinan kepada pembeli. Biasanya untuk yakin pembeli membutuhkan reputasi kita.
Reputasi biasa disebut sebagai nama besar dan terkenal, makanya jika sahabat lihat di Iklan-iklan TV bahkan penjual madu tidak segan-segan memakai bintang artis terkenal untuk membangun reputasi produknya.
Ada juga bisnis madu yang berjualan dengan Iklan memakai ustadz terkenal dengan membawakan manfaat dan keunggulan madu yang dijualnya, ini juga reputasi dengan memakai ustadz terkenal tersebut sebagai bintangnya.
Memiliki reputasi dalam berjualan madu dapat menunjang kesuksesan dalam memasarkan madu tersebut, reputasi tidak hanya diperoleh dari bintang atau nama terkenal orang lain namun bisa juga diperoleh dari :

  • Kejujuran dalam berjualan (berkaitan dengan no. 1)
  • Respon yang cepat terhadap pembeli
  • Memproses kiriman madu dengan baik
  • Mendaftarkan Produk madu ke BPOM atau Dinkes setempat
  • Jaminan uang kembali jika terbukti palsu

Baca JugaResponsif Terhadap Pelanggan Salah Satu Kunci Keberhasilan Bisnis

3. Merek dan Kemasan Menarik

Merek dan kemasan yang menarik faktor yang sangat penting dalam bisnis jualan madu, bayangkan kalau sahabat hanya menggunakan bekas botol minuman air mineral, atau botol kaca lain yang memang tidak di khususkan untuk mengemas madu. Mungkin bagi masyarakat awam ini tidak bermasalah. Tapi jika sahabat ingin masuk ke kelas menengah atau lebih tinggi ini akan menjadi penilaian yang negatif dan bisa menurunkan keyakinan akan kualitas suatu produk.
Jadi pakailah kemasan yang khusus untuk madu, biasanya kemasan ini dijual oleh toko-toko penjual alat kue atau bisa dipesan secara online. Hati-hati juga sebaiknya dibersihkan lagi dengan air yang bersih untuk menghindari sisa microplastic yang masih tersisa dalam kemasan.
Setelah kemasan bisa kita buat seaman dan se higienis mungkin, maka pastikan kita memiliki merek yang menarik, banyak sekali madu memakai merek yang unik contohnya :

  • Madu Az Zahra
  • Madu Az Zikra
  • Madu TJ
  • Madu Fatimah
  • Madu Pahit 
  • Madu An Nahl
Dan merek lainnya yang sekiranya unik dan dapat menarik perhatian konsumen. Pikirkan sesuatu yang unik dan mudah diingat.

4. Harga Bersaing

Dimana pun pasar produk pasti dari sisi harga kita mendapat pesaing, bahkan dengan kualitas madu yang no. 1 terkadang memberikan harga yang miring.
Dalam ekonomi sosialis ada paham bahwa keuntungan tidak boleh diambil terlalu besar, sebaliknya dalam ekonomi kapitalis keuntungan harus dapat diperoleh sebesar-besarnya. Namun dalam berjualan madu memberikan harga yang bersaing tentunya harus mempertimbangkan 2 faktor diatas yaitu Keaslian dan Reputasi yang kita miliki.
Madu yang sudah memiliki kualitas dan reputasi biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal di bandingkan madu yang baru mulai merintis usaha.
Trik menjadikan harga lebih murah dari pesaing tidak selamanya berhasil, malah bisa jadi ujung membuat pasaran madu menjadi jenuh, selain itu ikuti beberapa trik berikut ini :

  • Berikan voucher berlangganan, misalnya jika berikan potongan harga Rp 5000 saat pembelian kedua dan voucher hanya berlaku 1 kali.
  • Potongan harga jika membeli diatas 5 botol produk madu
  • Beli 3 bonus 1 botol madu kemasan tertentu (biasanya kemasan yang lebih kecil)
Dengan cara-cara seperti itu maka kita akan membuat ikatan dengan pelanggan atau konsumen yang membeli bisnis jualan madu kita.

5. Penjualan dan Marketing Online

Pembahasan mengenai penjualan dan marketing online sebenarnya sangatlah luas. Namun coba kita ringkas dan kita fokuskan supaya menjadi bagian dari Sukses Bisnis Jualan madu.
Memasarkan produk secara online sudah menjadi trend bahkan sekarang porsi nya menjadi lebih besar. Produk madu juga sudah banyak dipasarkan secara online. Empat cara yang telah kita bahas diatas yaitu :

  • Madu yang asli
  • Reputasi Penjual
  • Kemasan dan merek yang menarik
  • Harga yang bersaing
Apabila sudah kita miliki maka akan sangat mudah membuat pemasaran secara online, namun apakah semudah itu??? Dalam memasarkan produk secara online kita dapat melakukan beberapa hal berikut :

  • Memiliki website sebagai toko online, atau blog yang memiliki artikel yang tema nya berhubungan langsung dengan produk yang kita jual.
  • Memiliki pertemanan yang banyak di sosial media
  • Interaksi yang positif (silahkan baca : Sukses Berjualan Online #1 Membangun Interaksi di Facebook)
  • Responsive terhadap pelanggan (merespon chat, komen, bahkan like pelanggan)
  • Membuat target dan building list, menargetkan pertemanan dan membuat data pelanggan dan calon pelanggan
  • Follow dengan cepat
Dan banyak cara lain yang dapat meningkatkan penjualan kita secara online.

Nah tunggu apalagi, bagi penjualan madu tinggal kerja... kerja... kerja... ikuti 5 Kiat Atau Cara Sukses Bisnis Jualan Madum, lakukan sekarang dan jangan ditunda, lakukan setiap hari maka lihatlah hasilnya 3 atau 4 minggu ke depan, maka omzet penjualan sahabat akan wuedan banget... Selamat mencoba.

0 Response to "5 Cara Sukses Bisnis Jualan Madu"

Post a Comment

Silahkan Comment namun bertanggung jawab

Artikel Populer