Review Layanan Gojek dan Grab Mobil Sebuah Perbandingan

Google.com

Bukan maksud membesarkan atau mengecilkan salah satu dari layanan transportasi online namun dalam bahasan Review Layanan Gojek dan Grab Mobil Sebuah Perbandingan admin hanya berbagi pengalaman pribadi dalam menggunakan layanan Transportasi Online Gojek dan Grab.
Mana yang terbaik? Menurut kami itu suatu hal yang relatif karena berhubungan dengan variable baik oleh pengguna dan layanan itu sendiri. 
Apa saja variabel tersebut ?
  • Waktu
  • Pengguna
  • Perangkat
  • Sistem Aplikasi
  • Koneksi Internet

Tapi tentu saja kita tidak membahas variabel tersebut secara detail, kita coba fokus dari pengalaman menggunakan layanan Transportasi Online (TO) tersebut.
Apa saja yang bisa kita bandingkan ?
1. Aplikasi
2. Layanan Driver
3. Waktu
4. Tarif
5. Purnajual
Mari kita coba bandingkan satu per satu.

1. Aplikasi

Grab
Dari sisi Aplikasi Tampilan Grab lebih sederhana, tampilan utama tidak dijejali dengan menu-menu, menu lain disediakan di bagian side menu dan bisa diakses di bagian kiri atas. Dibagian tengah atas ada menu utama yaitu Transport, Food dan Delivery. Pada proses booking integrasi dengan maps cukup bagus terlihat posisi driver realtime dan terdapat perkiraan waktu driver sampai di tempat kita. Proses booking atau order cukup cepat.
Proses Loading Aplikasi Grab lumayan cepat namun tetap dipengaruhi koneksi internet dan spesifikasi gadget yang digunakan.

Gojek
Aplikasi Gojek banyak menyediakan menu, bahkan pelanggan bisa memilih mana saja menu yang ingin di aktifkan. Untuk mengorder gocar kita harus dahulu mengaktifkan menu go-car dan lanjut ke proses booking. Kita bisa menambahkan catatan pada proses booking, misalnya jika alamat tidak jelas atau ada nomor lain yang harus dihubungi.
Salah satu layanan unggulannya adalah gofood, mitra gofood sangat lengkap hampir semua jenis makanan ada disana, restoran yang terdaftar sangat banyak sehingga bisa menjadi pilihan bagi pelanggan.
Proses loading aplikasi relatif cepat tergantung pada perangkat dan koneksi internetnya.

2. Layanan Driver

Gojek
Driver baik mobil maupun motor umumnya sangat ramah, bisa jadi ini terkait dengan performance mereka, keramahtamahan, respon yang cepat menjadi kunci layanannya. 
Namun terkadang beberapa kali saat memesan gofood driver tidak memiliki cukup uang untuk membeli makanan yang kita pesan, sehingga mereka minta order untuk di cancel. Kami kira ini salah satu kelemahan dari driver, sebab pelanggan bisa jadi kecewa dengan hal tersebut.
Kondisi mobil pernah saya temui kurang nyaman, sopir bercelana pendek, mobil bau rokok. Namun kadang dapat juga mobil yang mulus, AC dingin dan Driver yang rapih dan bersahabat.
Grab
Driver selalu berupaya untuk segera menghubungi kita, mereka kontak dan menanyakan di jemput dimana, kadang memang langsung tanpa pembukaan bahwa dia dari grab, sehingga ada kesan sedikit kasar.
Sedangkan layanan dalam proses perjalanan rata-rata bagus dan menyenangkan.
Mobil yang datang bervariasi mulai dari minibus 4 penumpang seperti wagon r, ayla sampai 6 penumpang seperti Ertiga.

3. Waktu

Grab
Ini terkait dengan lokasi dan kepadatan lalu lintas, biasanya jika lokasi dekat maka akan cepat drivernya menjemput.
Gojek
Driver gojek rata-rata sangat responsif, mereka akan segera telpon dan jemput kita. Waktu yang dibutuhkan juga tidak terlalu lama.

4. Tarif

Pada poin tarif ini sangat menarik untuk dibahas. Masing-masing layanan memiliki strategi dalam menjaring pelanggan.
Saat artikel ini dimuat relatif tarif Gojek lebih mahal dari Grab, kalau dilihat dari tarif realnya dimana belum dikurangi promo, ada selisih sekitar 1000 sd 2000 Rupiah yaitu Grab lebih murah dari gojek.
Mari coba kita lihat..

Gojek
Awal gojek di launching di kota kami, memang banyak promo sehingga tarifnya sangat murah. Tarif GoRide, Gocar dan GoFood sangat terjangkau. Sehingga pelanggan berlomba-lomba menginstall Aplikasi gojek dan menggunakan layanannya.
Namun strategi promo ini tidak berlangsung lama, setelah nampaknya banyak user yg memakai, mulailah gojek menerapkan tarif asli dan hanya memberikan promo ringan dengan potongan harga jika pembayaran memakai gopay berkisar 1000 sampai dengan 4000 rupiah.
Grab
Relatif baru di kota kami dan memang belakangan dari gojek, namun gila-gilaan promonya.
Bagi pengguna pertama hanya dikenakan biaya Rp 1 (satu rupiah) dengan syarat melakukan pembayaran via aplikasi yang disebut OVO.
Grab dikenal dengan promo yang banyak dan waktunya panjang sehingga disukai pelanggan.

Apakah strategi promo ini akan terus berlangsung dan darimana transportasi online ini mendapatkan keuntungan? Mudah-mudahan kami dapat memberi penjelasan pada artikel yang lain.

5. Purnajual

Layanan Purna Jual ini berkaitan dengan kepuasan pelanggan diantaranya kesan-kesan pelanggan dengan cara memberikan rating, biasanya dalam bentuk bintang di aplikasi, jika layanan bagus maka bintang yang diterima akan semakin banyak maksimal 5 bintang . Receipt atau tanda terima transaksi yang telah dilakukan biasanya akan dikirim melalui email. Dan terakhir jika ada keluhan pelanggan tinggal disampaikan melalui aplikasi.

Kesimpulan

Untuk menilai mana yang terbaik dari dua layanan transportasi online ini pastinya bersifat relatif.
Tiap-tiap pengguna memiliki pengalaman masing-masing dalam menentukan penilaian dan memilih mana yang terbaik. 
Menurut pendapat pribadi kami, dari Sisi Aplikasi Gojek memiliki keunggulan dengan Pilihan yang Banyak. Namun dari sisi Tarif Grab unggul dengan Sistem promonya yang banyak.
Sekarang tinggal sahabat untuk memilih layanan yang paling pas untuk kebutuhan sehari-hari.

0 Response to "Review Layanan Gojek dan Grab Mobil Sebuah Perbandingan"

Post a Comment

Silahkan Comment namun bertanggung jawab

Artikel Populer