Cara Mengatasi Rasa Malas Membuat Artikel di Blog

Rasa malas membuat artikel di blog pasti sering menghinggapi seorang blogger. Bagi sahabat yang seorang blogger pemula atau sampai yang professional perasaan itu akan sering muncul karena berbagai alasan. Alasan yang sering muncul saat ingin membuat artikel antara lain :
  1. Kehabisan Ide untuk membuat artikel
  2. Tidak ada waktu karena kesibukan di dunia offline atau kegiatan online lainnya
  3. Merasa tema terlalu remeh sehingga takut menjadi mubazir
  4. Tidak fokus dan disibukkan dengan hal-hal sepele
  5. Dan alasan lain yang mungkin juga bersifat teknis.

Memang banyak alasan ataupun halangan yang sering menyebabkan kita malas untuk membuat artikel sehingga blog yang kita kelola akan menjadi kurang update. Untuk itu perlu dicari cara mengatasi hal tersebut sehingga semangat untuk menulis artikel kembali muncul dan menjadi kuat.
Berikut beberapa cara berdasarkan pengalaman admin agar bisa mengatasi rasa malas dalam membuat artikel di Blog.

Cara Mengatasi Rasa Malas Membuat Artikel di Blog

Berikut ini kami akan coba hubungkan 5 Cara mengatasi rasa malas yang sering menjadi penghalang bagi kita untuk menghasilkan artikel bagi blog yang kita kelola :

1. Fokus Kembali pada tujuan utama membuat artikel atau ngeblog

Semua kita memiliki alasan untuk ngeblog, namun kami sangat yakin lebih dari 70% blogger bertujuan untuk mendapatkan penghasilan dari ngeblog, baik itu untuk penghasilan utama atau penghasilan sampingan. Sahabat yang menjadikan kegiatan blogging untuk mendapatkan penghasilan harus fokus terhadap tujuan utama tersebut.

Sebuah blog yang tidak update tentu akan ditinggalkan oleh penggemar atau pengunjungnya, biasanya pembaca menginginkan sesuatu yang baru, info terkini yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Disaat mereka tidak mendapatkan tentu akan mencari ke tempat yang lain. 

Jika dihubungkan dengan pendapatan, ini sangat berbahaya, Iklan akan semakin sepi dalam artian bisa saja CPC yang diperoleh jadi sangat kecil atau malah tidak ada iklan yang tayang, karena memang sebagian besar penghasilan yang diperoleh dari ngeblog adalah dari periklanan.

Lain lagi dengan sahabat yang menjadi kegiatan ngeblog hanya sebagai hobby, tidaklah terlalu terbebani harus tetap melakukan update terhadap artikel yang ada di blognya. Namun tetap harus fokus, karena keberadaan sebuah blog bisa menjadi ciri khas atau jati diri dari pembuatnya.
Jangan sampai istilah "Blog gak keurus" menempel di blog sahabat. Karena itu yuk... kita coba kembali fokus pada tujuan membuat artikel dan blog.

2. Memperkaya Diri Dengan Pengetahuan Baru

Ini tentu saja hal wajib, bagaimana caranya bisa memperkaya diri dengan pengetahuan baru??? Blog Walking (Mengunjungi blog orang lain dan membaca artikel disana), membaca buku, membaca surat kabar, menonton tv seputar pengetahuan baru dan berita, membaca majalah dan lainnya.
Semua ini akan dapat memperkaya kita dengan pengetahuan baru dan tentu saja bisa memberikan ide untuk membuat artikel sehingga menghilangkan rasa malas untuk mengupdate blog sahabat.

3. Mengurangi Nonton Youtube dan Main Facebook

Seperti langkah nomor 2. Bukan kita tidak boleh menonton youtube dan main facebook, namun biasanya kegiatan ini sering membuat sahabat lupa waktu, alih-alih mencari pengetahuan baru, malah kita terlena karena menonton, dan kadang malah jadi ngantuk dan lupa tujuan utama dari ngeblog. 
Jadi nonton youtube dan main facebook yang tidak bermanfaat seharusnya mulai dikurangi karena ini justru bisa menjadi penyebab rasa malas untuk ngeblog.

4. Rekreasi atau Travelling

Ini yang paling luar biasa, biasanya dengan rekreasi dan travelling akan memberikan suasana dan pemikiran yang lebih segar bagi kita sehingga ide-ide bermunculan dan dapat mengatasi rasa malas dalam membuat artikel.

Pemandangan alam, suasana pegunungan atau pantai bisa memicu rasa senang, perasaan ini akan memberi kita ide yang cemerlang dalam membuat artikel. Di sepanjang perjalanan kita bisa membuat catatan kecil sebagai bahan dalam membuat artikel. Mulai dari suasana diperjalanan, transportasi yang digunakan, lokasi tempat tujuan, layanan, objek wisata, dan banyak hal yang bisa dijadikan tema dalam membuat artikel.

5. Makan-makan

Pernah dengar dengan Blog Resep dan Blog Kuliner? Jika sahabat juga mengelola blog seperti ini, jangan lupa untuk makan-makan, tentu saja dengan makan-makan yang variatif mulai dari tempat, menu yang dicari, sampai bentuk dan cara penyajian. Dengan makan-makan kita akan lebih peka dan jadi tahu sebenarnya mengenai blog yang kita kelola.

Bisa juga tidak harus ke restoran, mungkin dengan berbelanja ke pasar-pasar tradisional, warung pinggir jalan, pedagang yang menjajakan kue, jajanan sekolah. Ini juga dapat menjadi sumber artikel di blog dan dapat mengatasi rasa malas saat kita ngeblog.

Semoga dengan artikel Cara Mengatasi Rasa Malas Dalam Membuat Artikel di Blog ini dapat memberikan inspirasi dan semangat buat sahabat semua dalam mengelola blognya masing-masing. 
Pastikan jangan lupa untuk komen jika ada hal yang tidak pantas kemudian like dan share agar sahabat kita yang lain juga mengetahuinya.

0 Response to "Cara Mengatasi Rasa Malas Membuat Artikel di Blog"

Post a Comment

Silahkan Comment namun bertanggung jawab

Artikel Populer