Cara Mudah Marketing Tertarget Menggunakan Instagram


Instagram menjadi salah satu sosial media yang sangat banyak penggunanya. Di tahun 2016 saja tidak kurang dari 22 Juta pengguna Instagram aktif di Indonesia. Ini menjadi potensi yang sangat luar biasa bagi pemasar untuk memperkenalkan produknya bagi pengguna Instagram. Kali ini bisnis2000.com mencoba berbagi kepada sahabat, bagaimana cara mudah melakukan marketing tertarget melalui instagram.
Apa sih marketing tertarget itu? Sederhananya marketing tertarget adalah memasarkan produk atau jasa kepada orang-orang yang benar-benar membutuhkan produk atau jasa yang kita pasarkan tersebut. 
Bayangkan kalau kita memasarkan Jaket yang tebal pada orang yang tinggal di daerah yang panas, atau memasarkan handphone yang mahal pada konsumen yang tinggal di daerah miskin. Sehingga apa yang kita pasarkan jadinya tidak akan di beli, jangankan membeli, melirik saja tidak.
Dengan melakukan pemasaran atau marketing tertarget maka diharapkan apa yang kita jual menjadi betul-betul hal yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga proses transaksi jual beli (closing) terjadi.
Nah... dengan potensi yang dimiliki oleh Instagram, dengan pengguna aktif yang jutaan, tentunya menjadi peluang bagi kita untuk memasarkan produk atau jasa. Namun dari sekian banyak tentunya kita harus memiliah dan memilih mana target pasar dari produk kita.
Contohnya produk pelangsing, biasanya mempunyai pasar untuk orang-orang yang tinggal di perkotaan, umur 15 tahun keatas, dan disukai banyak wanita (kebanyakan wanita sangat peduli dengan kondisi tubuhnya). Lalu apakah bagaimana caranya di Instagram mencari target market seperti itu??? Sayangnya di Instagram tidak terdapat fitur advanced search (pencarian tingkat lanjut) seperti yang dimiliki oleh facebook, sehingga kita hanya bisa mencari sesuai dengan kata yang kita input saja. 
Tidak sama seperti facebook
Misalnya kita mencari kata "pelangsing" maka yang muncul ada hashtag atau user instagram yang membuat namanya mengandung kata "pelangsing" atau user yang pernah menggunakan hashtag "pelangsing" tersebut.

Namun jangan kecewa, kali ini bisnis2000.com akan berbagi bagaimana cara marketing tertarget melalui instagram dengan mudah, ikuti langkah-langkah berikut :

1. Follow Target Sesuai Niche Produk

Niche produk disini maksudnya Jenis produk yang mau dijual, seorang mungkin punya produk herbal, namun memiliki beberapa jenis, bisa pelangsinig, suplemen, obat kuat atau penambah stamina, vitamin, namun jika di spesifikan lagi misalnya pelangsing memiliki beberapa jenis, murah, menengah, premium.
Kita ambil Herbal Pelangsing, nah di kotak pencarian Instagram Masukan kata "Pelangsing" maka akan muncul User yang menggunakan kata pelangsing dalam namanya dan juga hashtag yang sering digunakan.

Luar biasa, perhatikan jutaan hashtag yang muncul menggunakan kata pelangsing, dan sangat banyak user yang menggunakannya, lalu klik salah satu baris data yang muncul. Maka akan muncul user di bagian bawah, dan itu adalah "Top Post", lalu follow lah mereka. Loh mereka kan penjual... apa mungkin mereka membeli produk pelangsing saya??? sabar.... lanjut ke langkah 2 ya..

2. Follow Follower Target

Setelah langkah 1. kita sudah mendapatkan user yang sesuai dengan keingingan kita, biasanya user tersebut di follow oleh banyak konsumennya sendiri, nah... konsumen inilah yang menjadi target kita.. klik Follower dari dari user tersebut, maka nanti akan muncul seluruh followernya. Lalu follow lah follower itu satu persatu.

Berikut follower dari user target yang kita follow :
Follow Satu Persatu

3. Cari Hashtag sesuai dengan produk yang kita pasarkan

Langkah 1. Bisa kita ganti juga dengan hashtag tertentu  yang sesuai dengan produk yang kita pasar. Setelah muncul user instagram yang menggunakan atau menyukai hashtag tersebut maka follow lah mereka.

Jadi intinya adalah mencari user instagram yang ada keterkaitannya dengan produk yang kita jual, semakin banyak orang yang kita follow, maka kita berharap mereka juga akan mem follow kita.

Dengan jumlah follower yang banyak dan sesuai dengan niche yang kita miliki maka kemungkinan closing (orang membeli produk kita) akan semakin besar apalagi sahabat telah melakukan follow secara tertarget.

#Permudah dengan aplikasi 

Untuk mem follow beberapa orang adalah pekerjaan yang mudah, sahabat tinggal klik tombol follow di aplikasi instagram nya masing-masing, namun bagaimana kalau kita harus memfollow banyak orang, apalagi jika kita  mempunyai banyak akun sekaligus. Tentu hal ini akan menyulitkan, untuk itu gunakanlah aplikasi yang khusus membantu sahabat untuk melakukan follow apalagi dengan follow yang sudah ditargetkan.

bisnis2000.com merekomendasikan Aplikasi berbasis Desktop untuk urusan follow mem follow yaitu aplikasi buatan dari bisnis2000.com sendiri, dan kabar baiknya aplikasi ini tersedia versi gratisnya, silahkan sahabat mengunjungi link berikut : Aplikasi Instagram Smart Follow (Sementara Link Dalam Perbaikan)

Penutup 

Potensi yang dimiliki sangatlah besar, dengan memanfaatkan potensi tersebut bisa menjadi peluang bagi marketing untuk memasarkan produk kepada pelanggan yang tertarget. Sebuah ungkapan di internet disebutkan "I Follow You, You Follow Me, I Forget You", jangan ini sampai terjadi, sahabat harus mampu membuat keterkaitan emosional dengan pelanggan atau user lainnya di Instagram. Sebagaimana media sosial lainnya, semakin kita membina hubungan (engagement) dengan user lain, maka kemungkinan munculnya posting kita di wall nya user lain akan semakin tinggi, dengan kata lain semakin sosialisasi kita bagus maka orang akan semakin menyukai kita.
Silahkan share jika bermanfaat....

9 Responses to "Cara Mudah Marketing Tertarget Menggunakan Instagram"

  1. Thanks gan infonya..saya juga mau memulai jualan online diinstagram namun belum tau teknik pemasaran yang tertarget. ya sapa tau bisa menghasilkan selain di blog saya www.caraklik.net

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap gan, dengan berjualan online kita tidak hanya membuat artikel, kita juga bisa menjalankan dari ilmu artikel yang kita share

      Delete
  2. Terimakasih Infonya mas, memang untuk bersaing berjualan di Instagram itu butuh trick2 tersendiri ,, semoga saja trick dari mas bisa menaikkan omset penjualan saya ,,

    Salam kenal dari admin www (dot) lapakanik (dot) com

    ReplyDelete
    Replies
    1. lapakanik dot com, semoga sukses selalu, jangan lupa share ilmunya juga

      Delete
  3. Likewise, now you have the 'Instagram stories' element which is a cool capable apparatus that you can use further bolstering your good fortune.https://instafellow.com

    ReplyDelete
  4. gan linknya 404 not found.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedang dalam proses perbaikan, sabar yah...

      Delete
  5. Untuk link nya ngga bisa dibuka

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf, memang ada pemindahan server, nanti jika sudah clear kita share kembali ya

      Delete

Silahkan Comment namun bertanggung jawab

Artikel Populer